Konsep Dasar Fotografi | Jenis, Teknik, Komposisi

 Konsep Dasar Pada Fotografi

Photoby Freepik.com

Berbicara soal fotografi, Sebelum kamu memulai perjalanan belajar fotografi, ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu dan pertimbangkan. Karena ini akan membantu kamu memahami dasar-dasar fotografi dan meningkatkan kemampuan kamu sebagai seorang fotografer.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum belajar fotografi:


1.Jenis Kamera:

Kenali jenis kamera yang kamu punya atau yang akan kamu gunakan. 

Jenis kamera banyak macamnya sepert kamera DSLR, kamera mirrorless, kamera compact, atau bahkan kamera ponsel.

Jangan lupa pahami juga bagaimana kamera tersebut berfungsi dan pelajari fitur-fitur utamanya. Karena setiap merek, jenis & tipe kamera itu berbeda-beda fiturnya. Kamu harus lebih mengulik kamera kalian.


2. Settingan Kamera:

Pelajari settingan dasar pada kamera kamu, seperti mode pemotretan, pengaturan ISO, kecepatan rana (shutterspeed), dan bukaan lensa.

Ilmu ini biasa disebut dengan segitiga Exposure, karena jika ingin terjun ke dunia fotografi professional, maka ilmu ini lah yang paling utama.

Pahami bagaimana setiap pengaturan ini memengaruhi hasil foto.


3.Komposisi Fotografi:

Kamu perlu tau prinsip-prinsip komposisi fotografi seperti Rule of Thirds, leading lines, framing, dan lainnya.

Penggunaan komposisi fotografi juga membantu mengambil foto yang lebih menarik, memberi keseimbangan alami, menarik perhatian ke bagian penting dari pemandangan, serta mengarahkan mata pada suatu objek tertentu.

Teknik Ini akan membantu kamu mengambil gambar 
yang lebih menarik secara visual dan enak dipandang.


4.Pencahayaan:

Pencahayaan adalah unsur utama dalam fotografi. 

Tanpa cahaya maka fotografi tidak akan pernah ada. Cahaya dapat membentuk karakter pada sebuah foto. Dengan cahaya, dapat menentukan apakah sebuah foto baik atau tidak.

Pahami konsep dasar pencahayaan dalam fotografi. Belajar tentang cahaya alami, cahaya buatan, dan cara menggunakannya untuk menciptakan efek yang diinginkan dalam foto kamu.

5.Pengeditan Foto:

Editing dapat memperbaiki tingkat kecerahan dan beberapa detail agar foto-foto itu lebih enak dilihat. 

Beberapa perbaikan kecil pada foto membuatnya agak lebih enak dilihat dan tidak begitu menyilaukan. Itulah fungsi utama dan paling dasar dari Photo Software Editing.

Familiarisasi diri kalian dengan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Lightroom atau Photoshop. Dengan ini kamu bisa meningkatkan kualitas foto kamu setelah pengambilan gambar.


Mengingat semua hal di atas, sebelum memulai belajar fotografi akan membantu kamu memiliki dasar yang kuat dan lebih siap untuk mengambil gambar yang mengesankan. Terpenting, jangan takut untuk berpraktik dan bereksperimen dengan kamera kamu. Fotografi adalah seni yang sangat pribadi, jadi temukan gaya kamu sendiri dan nikmati proses perjalanan fotografinya.

Baca Seputar Ilmu Fotografi di sini 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Komposisi Pada Fotografi I Rule Of Third, Framing, Negative Space

Pemberantasan Korupsi Menggunakan Strategi Penal & Non Penal